Wednesday, March 30, 2016

Persiapan Jepang

Akhirnya sampai juga di hari ini. hari dimana gue akhirnya, nulis juga tentang jepang! Wohooo! Bregas itu orang paling gak ngerti kode kode an, gak ngerti modus modus an apalagi surprise surprise an. 1 tahun sebelum menikah, kita memang udah niatin banget, "pokoknya 6 bulan sebelum kita menikah kita sudah harus pesan tiket pesawat" destinasinya? belom tau! hahaha gue sama dia beneran gambling banget mau kemana mana, uang padahal (katanya) sih udah ada, cuman ya gitu.. bingung mau pantai atau city.. sampai pernah timbul satu keputusan kalo gue mau banget ke jepang, tapi khayalan harus berhenti karena kaya gak mungkin aja gitu gue ke jepang, secara budget juga ajegile mahalnya kaya apaan tau.. sampailah pilihan kita antara 3, bali, macau, atau phuket.

Berawal dari gue yang ngambek, karena gue gak dibolehin ikutan glamping sama temen temen gue, kata dia bahaya soalnya. Ngambek sejadi jadinya pokoknya, sampe gak mau telfonan sama dia seharian. tau tau ini anak, seminngguan hari an setelah gue ngambek, nyuruh gue kerumahnya, pengen ngomongin sesuatu yg serius katanya. gue yang emang udah kangen juga sih hahaha dan emang gue muree, ya gue kerumahnya.

Sampai dirumahnya, seperti biasalah, ketemu seisi keluarganya dan terjadilah hal hal biasa yg emang gue sering kerumahnya, ngobrol sama mama ( dulu manggilnya masih tante hihi ) . gue gak ada perasaan apa apa sih, yaudah duduk lah di meja makan ( perasaan masih kesel tuh kan, kesel kesel kangen #hahaha apasih) tau tau si bregas, manusia kaku ini bilang sama gue : 

"aku sebenernya mau ngomong sama kamu..." "iya, ngomong paan?" "ah kalo kamu kesel gitu, gajadi deh" (rese abis ini anak) "sebenernya aku udah pesen tiket honeymoon kita" (hening sejenak) "ah yang bener, kemana? kok gak bilang aku?""ke jepang.." (ngerasa diboongin) "ah boong...."

Girang, macem anak kecil dibeliin permen, dan dengan segala kehandalan yang gue miliki, gue merancang keseluruhan itinerary dan ngurusin segala akomodasi disana. kalo bregas, dia yang urus transportasi dan.... pastinya. dia yang mengeluarkan uang untuk keseluruhan biaya disana heheheu

Oke, selesai sudah intro nya.. mari kita mulai... 

Anyway, gue sama bregas sempet capek dan hopeless banget sih setelah mondar mandir event tiket promo di jcc, kemayoran ataupun di gancit (ternyata bregas sendirian ke gancit mau liat singapore airlines promo). Kita gak nemuin harga yang sesuai budget kita, segala gala mahal dan akhirnya kita sempet nyerah mau ke bali aja. tau tau Allah berkehendak lain, Datanglah promo air asia dan nemuin harga tiket air asia JKT-OSAKA-TOKYO-JKT  itu 3.3 PP/ orang, dan nambah 300ribu untuk add on bagasi 25kg/org ( gak mungkin gak nambah untuk orang macem gue yang pasti kalap beli ini beli itu di sana) Pengurusan visa juga agak ribet karena paspor gue sm bregas nanggung banget kalo gak ngurusin ke e passpor, jadilah kita kesana kemari cari imigrasi yang agak sepi untuk urus e-paspor seharga 650ribu. Ohya, pengurusan paspor juga cukup drama. gue bolak balik sampe 3x baru akhirnya berhasil dapetin e paspor di imigrasi jakarta utara, kelapa gading. Oh, iya alhamdulillahnya jepang lagi bebas visa untuk warga indonesia saat itu, tapi tetep kita butuh semacam visa on arrival gitu untuk disana. namanya visa waiver. Visa ini hanya boleh digunakan untuk traveller dengan batas 14 hari dan batas waktu penggunaan visa tersebut 3 tahun. oh iya, pengurusan visa waiver ini ada di kedutaan jepang sebelahan sama the plaza, thamrin ( sebelahnya plaza indonesia) dan bisa selesai dalam waktu 1 hari saja, oh iya, biayanya pun gratiss! wohooo! bahagia :)

Urusan pertiketan dan per pasporan dan visa pun selesai. waktu yang gue gunakan selanjutnya adalah ngubek ngubek air bnb untuk cari penginapan. gue ngubek2 penginapan, bregas ngutak ngatik hyperdia.com semacam situs transportasi selama ada dijepang, haduuu belum dijepang aja udah amaze banget sama technology nya. mantep euy!

oh iya, kalo ada yang mau download airbnb, bisa pake link gue ini, lumayan kita sama sama dapet 266 ribu gitu kalo misalnya kalian pesan penginapan di air bnb. ini nih link nya : https://www.airbnb.co.uk/c/dewao?s=12

penginapan yang gue cari disini poinnya cuma ada 1 : dekat dengan stasiun. Karena gue sm bregas juga gak mau ngabisin uang di penginapan, kita gak terlalu mikirin deh di pusat kota atau bukan penginapan kita, toh kita berdua juga kan, insya Allah gak saling merepotkan lah, capek dikit gapapaa hehe. sempet liat liat blog orang juga, ternyata di stasiun mana aja kita lewatin, ya memang kereta jepang itu cepet. dan setelah gue hitung2 menggunakan hyperdia juga, kereta yang gue lalui gak mahal mahal banget. soalnya dr yg gue liat di air bnb, kalo penginapan lo di daerah pusat kota itu agak mahal. So, gapapalah yaaa~jalan kaki gempor2an yang penting deket sama stasiun hihihi.


Untuk urusan tiket tiket an, gue juga yang menentukan, hahah bahagianya diriku :) gue pesen disneysea tokyo, dan pesan pocket wifi melalui HIS tour and travel, kantornya ada di daerah sudirman gitu. lumayan waktu itu ada diskon 30% an, dan percayalah pocket wifi membantu banget di sana. sinyal di jepang bagus banget, puas se puas puasnya pake jaringan mereka.

Oh iya, yang mau pesen penginapan di air bnb, makesure mereka pinjemin kalian pocket wifi ya, lumayan buat ngirit kan, ga perlu bayar 500ribuan gitu ke HIS.
ok, done.

Satu lagi, buat yang mau explore jepang dan mau bepergian ke 3 kota yang terkenalnya mereka (osaka, kyoto, tokyo dan gue ditambah gunung fuji) kalian gak perlu beli JR Pass kalo kalian beli tiketnya kaya gue, pergi sama pulangnya beda kota ( gue pergi osaka, pulangnya tokyo) LUMAYAN banget ngirit sampe 3juta/orang loh.


So, Here we go japaaaan!




No comments:

Post a Comment